Apa itu SEO dan Bagaimana cara kerjanya dalam Platform Digital?
Platform Digital SEO: Memahami Cara Kerja SEO
Dengan mengoptimalkan konten Anda untuk mesin pencari, Anda dapat meningkatkan peluang untuk mendapatkan peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian. Pencarian organik sangat efektif karena orang- orang yang menemukan konten Anda akan secara aktif mencarinya. Ini artinya kualitas konten yang bagus akan mengarah pada naiknya engagement dan percakapan di media sosial.
SEO merupakan cara yang tepat untuk menghemat biaya dan meningkatkan visibilitas Anda sehingga memiliki potensi jangka panjang yang semakin besar. Tidak seperti iklan berbayar, dimana jangkauan Anda berhenti di momen Anda tidak berbayar lagi. Sedangkan konten yang dioptimalkan mesin pencari dapat terus mendapatkan traffic pengunjung selama berbulan- bulan hingga bertahun- tahun setelah pembuatan aslinya. Dibutuhkan upaya awal yang lebih besar dan mungkin perlu beberapa saat untuk melihat hasilnya tetapi layak untuk ditunggu.
Teknik SEO pada website akan meningkatkan traffic pengunjung jauh lebih banyak pada halaman pertama. Pengunjung akan mengunjungi website Anda jika websitemu berhasil menerapkan SEO dan akan tampil di halaman pertama pada mesin pencari. User secara otomatis akan memilih website yang pertama kali dilihat untuk mendapatkan informasi yang lebih cepat, benar, dan kredibel. Website yang tampil di halaman pertama akan memiliki kepercayaan pelanggan lebih tinggi.
Dengan memanfaatkan SEO pada website, Anda akan mendapatkan relevansi dan ketepatan target. Mesin pencari akan mengarahkan pengunjung ke tujuan yang mereka inginkan dengan menginputkan kata kunci. Ini akan membuat website atau konten yang Anda buat menjadi lebih sesuai dengan target yang diharapkan.
Search engine atau mesin pencari memiliki tugas utama dalam memfilter permintaan yang Anda inputkan yaitu crawling, indexing, processing, calculating relevancy, retrieval, dan ranking. Crawling merupakan proses utama yang dilakukan mesin pencari. Mesin pencari akan melakukan crawling dengan tujuan untuk mengumpulkan informasi mendetail dari sebuah website. Proses ini dilakukan bot yang secara terus menerus mengumpulkan detail website seperti halaman, judul, kata kunci, gambar hingga internal link yang ada pada website.
Setelah mesin pencari melakukan crawling, data- data akan disimpan pada database search engine dengan kata kunci tertentu. Halaman- halaman yang belum terindex tidak akan tampil di search engine. Pada tahap processing mesin pencari akan menerima permintaan dari user dengan inputan kata kunci yang diketikkan di mesin pencari. Lalu mesin akan melakukan perbandingan kata kunci dengan membandingkan website- website yang terindex di database mesin pencari.
Yang keempat ada calculating relevancy yang merupakan pembanding halaman-halaman website yang sebelumnya telah terindex untuk mencari website dengan kata kunci relevan sesuai dengan permintaan user. Semakin relevan website tersebut akan memiliki kemungkinan besar untuk tampil di halaman utama mesin pencari.
Pada tahap retrieval, mesin pencari memberikan halaman website yang relevan dengan permintaan user. Setiap search engine memiliki algoritma yang berbeda untuk menentukan suatu halaman yang akan ditampilkan di halaman pertama. Setiap mesin pencari memiliki algoritma yang berbeda, oleh karena itu akan berbeda pula hasil pencarian yang ditampilkan walau dengan kata kunci yang sama.
Mesin pencari tidak akan sembarangan dalam memposisikan ranking pencarian. Mesin pencari akan melakukan proses di atas guna menampilkan halaman yang relevan untuk user dengan inputan kata kunci yang relevan. Ini sangat berkaitan erat dengan SEO (Search Engine Optimization) dimana semakin relevan halaman website, maka memiliki kemungkinan besar untuk mendapatkan ranking teratas.