Skip links
jasa seo

8 Tips Memulai Kerja Sama dengan Jasa SEO bagi Pebisnis Pemula

Memulai bisnis baru merupakan tantangan yang penuh dengan berbagai keputusan penting, Salah satunya adalah bagaimana memasarkan produk atau layanan bisnis secara online. Mengingat di era digital ini, pemasaran online sangat penting untuk kesuksesan bisnis. Bisa dikatakan setiap bisnis harus memiliki website, sebab media sosial belum cukup.

Memasarkan bisnis melalui website sendiri diperlukan strategi SEO tepat. Beruntungnya, kini banyak agensi jasa SEO yang dapat membantu bisnis naik di peringkat atas. Sebagai pebisnis pemula, memakai jasa ini penting. Namun, sebelum itu, ketahui tips memulai kerja sama dengan jasa SEO terlebih dahulu agar kerja sama Anda lebih terarah.

Mengenal Agensi Jasa SEO

jasa seo

SEO atau search engine optimization merupakan elemen penting dalam meningkatkan visibilitas online suatu bisnis. Hal ini dilakukan dengan cara meningkatkan lalu lintas organik, yang diharapkan dapat berkontribusi pada peningkatan leads. Ketergantungan pengguna mesin pencari menjadi alasan utama mengapa bisnis perlu mengintegrasikan strategi SEO dalam pemasaran mereka.

Lebih lanjut, agensi jasa SEO adalah layanan yang menawarkan pengelolaan SEO untuk berbagai bisnis atau perusahaan. Tugas utama agensi ini adalah meningkatkan peringkat situs web di halaman hasil mesin pencari seperti Google.

Menurut Semrush, tingkat klik (click-through rate atau CTR) cenderung tinggi ketika situs web berada di peringkat tiga teratas. Peringkat di bawahnya akan memiliki CTR yang lebih rendah. Oleh karena itu, bisnis perlu meningkatkan visibilitasnya untuk tetap berada di peringkat atas Google.

Namun, tidak semua perusahaan memiliki sumber daya yang kompeten di bidang SEO. Karena itu, beberapa bisnis memilih untuk bekerja sama dengan agensi jasa SEO. Agensi SEO biasanya akan menerapkan berbagai pendekatan dan strategi untuk menjangkau audiens yang tepat.

Selain itu, agensi SEO bertugas melaporkan strategi, kemajuan, dan hasil dari pekerjaan mereka. Berdasarkan analisis dari agensi SEO, perusahaan dapat memantau sejauh mana dampak SEO terhadap perkembangan bisnis mereka. Pertumbuhan bisnis pun dapat terukur melalui strategi SEO ini.

Tips Memulai Kerja Sama dengan Jasa SEO bagi Pebisnis Pemula

jasa seo

Tantangan terbesar bagi pebisnis pemula adalah memilih agensi jasa SEO yang paling cocok. Memilih mitra kerja sama sendiri tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Ada berbagai proses yang harus diperhatikan dengan serius. Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk memulai kerja sama dengan jasa SEO:

1. Memahami Dasar-Dasar SEO

Anda akan kesulitan memilih agensi jika tidak memiliki pemahaman dasar tentang SEO. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui dasar-dasar SEO, termasuk layanan apa saja yang biasanya ditawarkan oleh agensi SEO. Berikut dasar-dasar SEO yang perlu Anda ketahui:

  • SEO Auditing Merupakan pengecekan kesehatan SEO situs web, meliputi kinerja konten, elemen teknis, tautan balik, dan peringkat di mesin pencari.
  • On-Site SEO: Upaya meningkatkan komponen tertentu pada situs web seperti kata kunci, meta description, teks halaman, tautan internal dan eksternal, serta gambar.
  • Off-Site SEO: Strategi di luar situs web untuk meningkatkan peringkat mesin pencari, termasuk content marketing, link building, dan ulasan.
  • Technical SE: Fokus pada peningkatan teknis situs web agar lebih user-friendly, seperti pengaturan halaman web, kinerja seluler, dan optimasi gambar besar.

2. Melakukan Konsultasi

Konsultasi awal bertujuan untuk mendapatkan pemahaman tentang layanan, mekanisme kerja, dan anggaran yang dibutuhkan. Pastikan mereka benar-benar memahami kebutuhan dan target Anda. Dalam sesi konsultasi, diskusikan tujuan dari kampanye SEO serta strategi yang akan mereka gunakan.

Biasanya, saat konsultasi pertama, mereka akan memberikan audit website gratis untuk mengidentifikasi kekurangan pada situs Anda. Hindari jasa SEO yang kurang ramah dan tidak responsif, karena komunikasi yang jelas dan transparan sangat penting untuk kerjasama jangka panjang yang sukses.

3. Memahami Harga Layanan SEO

Harga jasa SEO pasti berbeda antar agensi. Anda harus memahami struktur harga yang ditawarkan, termasuk layanan apa saja yang tercakup di dalamnya. Ini penting untuk membantu membuat keputusan yang tepat. Beberapa sistem pembayaran yang umum meliputi:

  • Per Bulan: Membayar biaya tetap setiap bulan, cocok untuk tujuan jangka panjang.
  • Per Proyek: Biaya berdasarkan proyek tertentu, cocok untuk uji coba strategi SEO jangka pendek.
  • Per Jam Konsultasi: Membayar per jam konsultasi, cocok untuk perusahaan yang sudah familiar dengan SEO dan membutuhkan masukan tambahan.

4. Sesuaikan Bujet

Sebagian besar penyedia layanan SEO menawarkan berbagai paket dengan variasi berdasarkan jenis optimasi, kata kunci yang dioptimasi, durasi kontrak, dan layanan tambahan lainnya.

Pilih paket yang sesuai dengan tujuan dan anggaran Anda. Agen digital biasanya terbuka mengenai biaya, jadi diskusikan anggaran Anda dan potensi pencapaiannya. Meskipun SEO adalah upaya organik, ada biaya untuk jasa profesional, dan hasilnya tidak langsung terlihat. 

Ingat, investasi dalam SEO adalah investasi jangka panjang untuk kesuksesan bisnis, jadi pilihlah penyedia layanan SEO yang benar-benar kredibel dan berkualitas.

5. Buat Kontrak Kerja yang Jelas

Setiap kerjasama bisnis harus didasarkan pada kontrak yang jelas dan komprehensif, termasuk penggunaan jasa SEO. 

Kontrak ini menjadi pegangan bagi kedua belah pihak terkait hasil akhir, hak, dan tanggung jawab, serta detail penting lainnya seperti lingkup layanan, waktu pelaksanaan, metrik pencapaian, dan biaya.

6. Menentukan Tujuan SEO

Agensi SEO akan lebih efektif jika perusahaan memiliki tujuan yang jelas. Perusahaan perlu memahami posisi bisnis mereka saat ini dan arah yang ingin dituju. Pikirkan apa yang ingin dicapai dengan bantuan agensi SEO. Beberapa tujuan yang bisa dipertimbangkan antara lain:

  • Membutuhkan bantuan untuk membangun bisnis baru
  • Ingin memperluas pasar dan meningkatkan konversi
  • Bersaing dengan kompetitor dan ingin memenangkan lalu lintas organik
  • Mencari hasil spesifik dari strategi SEO yang sudah dijalankan dengan bantuan agensi

7. Siapkan Keyword yang Ditargetkan

Kampanye SEO yang sukses bergantung pada pemilihan kata kunci yang tepat. Setelah memiliki MOU yang jelas, diskusikan dengan penyedia jasa untuk menyiapkan daftar kata kunci yang relevan.

Lakukan riset kata kunci untuk mengidentifikasi kata kunci yang paling relevan dan memiliki volume pencarian yang potensial. Jika Anda belum tahu cara melakukan riset kata kunci, jangan khawatir. Penyedia jasa SEO terbaik biasanya akan membantu melakukan riset keyword yang sesuai dengan bisnis Anda.

8. Meminta Laporan Perkembangan Website

Mintalah laporan perkembangan website yang dioptimasi dengan strategi SEO, karena ini adalah hak Anda sebagai klien. Jasa SEO yang berkualitas pasti akan memberikan laporan ini setiap bulan atau dalam kurun waktu tertentu. Laporan ini akan memberikan informasi mengenai efektivitas strategi SEO yang telah dijalankan.

Selain itu, Anda bisa menganalisis dan mengevaluasi hasilnya untuk merancang strategi yang lebih baik demi meningkatkan performa dan visibilitas bisnis di mesin pencari. Anda dapat meminta data website berdasarkan Google Analytics dan Google Webmaster (Google Search Console), serta informasi mengenai indikator di Google Analytics untuk analisis perilaku pengunjung website.

Nah, itulah beberapa langkah memulai kerja sama dengan jasa SEO bagi pebisnis pemula. Untuk memastikan keberhasilan website bisnis yang Anda kelola, pilihlah layanan SEO yang terbaik.

Jika Anda membutuhkan jasa SEO profesional namun masih bingung dalam memilih, Anda bisa menghubungi Deus Code yang berpengalaman menangani berbagai website klien di seluruh Indonesia.

This website uses cookies to improve your web experience.