Jualan? Marketplace-in aja!

Blog
15 Jul

Jualan? Marketplace-in aja!

Marketplace bisa dibilang menjadi wadah bagi para pengusaha untuk memasarkan produknya. Istilah market itu sendiri merujuk pada kumpulan dari pedagang dan penjual, sehingga makna dari pasar itu sendiri sebenarnya tidak terbatas pada ruang dan tempat tertentu, tetapi lebih merujuk kepada bentuk interaksi antara penjual dan pembeli.

Kebanyakan penjual memilih marketplace karena dirasa mampu menaikan angka penjualan atau bahkan melebarkan sayap perusahaan dengan meningkatkan koneksi perusahaan. Menjadi sebuah mekanisme yang salah apabila penjual tidak memerhatikan kiat-kiat berjualan di marketplace yang ada.

Marketplace juga tersedia dalam beberapa platform sosial media seperti facebook, instagram hingga line. Di Indonesia sendiri, berbagai bentuk marketplace hadir sangat bervariasi mulai dari penyedia gratis ongkir hingga cashback ratusan ribu rupiah. Namun sebenarnya, bagaimana cara terbaik untuk menawarkan barang melalui marketplace? Berikut ini tips dan trik membuat barang dagangan laris terjual dimarketplace.

 

Pemilihan nama

Bak memberi nama bayi baru lahir. Ungkapan “nama adalah doa” sangatlah benar adanya meskipun bersifat sangat subjektif. Akan tetapi, kita tidak bisa menghindari fakta bahwa otak kita akan lebih mudah mengingat sesuatubyang mudah dihafal, mudah dibaca atau bahkan sesuatu yang sangat unik.

Nama perusahaan yang berasal dari kata yang sangat umum bisa menjadi pilihan yang bagus. Namun, muncul dengan nama yang paling unik untuk sebuah perusahaan bukan berarti hal yang salah dan harus dihindari. Pada akhirnya, nama perusahaan juga bisa  menjadi kebanggaan tersendiri bagi pemiliknya. Disamping itu, kita semua yakin bahwa pemilihan nama perusahaan pastilah memiliki makna tersendiri bagi pemilik, bukan begitu?

Jangan lupa untuk selalu sertakan logo perusahaan. Hal ini bertujuan untuk memberikan label terhadap produk yang dihasilkan dari perusahaan. Hal lain seperti membuat kartu ucapan terimakasih atau apresiasi terhadap kepercayaan customer juga dapat dilakukan untuk menciptakan gambaran baik perusahaan.

 

Menggunakan foto asli dan deskripsi yang jelas

Dengan menggunakan foto asli dan deskripsi yang jelas. Calon customer akan merasa yakin ketika hendak mengonsumsi barang dan jasa yang kita tawarkan. Melampirkan foto yang jelas akan meningkatkan integritas dan kredibilitas dari perusahaan. Pembeli akan merasa tenang karena ekspektasi terhadap barang berdasarkan gambar aslinya bukan dari editing atau photoshop.

 

Harga bersaing serta perbanyak platform

Sangat diperlukan riset tentang kompetitor terutama mengenai harga yang mereka berikan. Sebagai pengusaha yang baik perlu dilakukan analisi harga yang mendalam serta berbagai pertimbangan mengenai keuntungan dan resiko kerugian. Harga juga menjadi indikator penilaian suatu produk barang atau jasa yang kita tawarkan.

Pembeli akan selalu mempertimbangkan variabel harga ketika mereka hendak mengambil keputusan. Selain itu, kehadiran promo dan diskon sangat memengaruhi fluktuasi penjualan. Hal ini menandakan bahwa penjual harus cermat dan jeli ketika hendak memberikan diskon atau promo kepada pembeli. Jangan sampai melangkahi tujuan awal dan malah membawa perusahaan pada kebangkrutan.

Untuk menjangkau pembeli seluas mungkin, penjual dapat menggunakan platform yang tersedia serta menambah jumlah ekspedisi agar mempermudah proses distribusi. Merupakan hal yang tak kalah penting untuk memastikan barang yang dijual sampai hingga ke pembeli dengan selamat.

Penting untuk selalu memerhatikan perkembangan dari perusahaan dan memonitoring. Selain dari berapaa aspek diatas, hal yang tidak kalah penting adalah menyediakan layanan secaa praktif, efektif dan cepat. Merespon pembeli dengan cepat akan memberikan nilai tambahan tersendiri bagi pembeli, mereka akan merasa sangat dihargai. Ketika mereka merasa nyaman berkomunikasi dengan kita, maka disitulah lalu lintas perusahaan tidak akan pernah terhenti.