Sosial Media Hanya Kesenangan Belaka?

Blog
27 Jul

Sosial Media Hanya Kesenangan Belaka?

Udah waktunya upgrade kemampuan bersosial media, nih. Selain agar terlihat menarik dan kece, kita bisa banget menghasilkan ‘ehm’ cuan jika bisa mengelola dan menjalankan akun sosial media yang kita punya dengan efektif tentunya. Jika dapet uang hanya sekedar pencet pencet gawai aja, siapa sih yang masih nggak mau kerja?

 

LANGKAH PERTAMA DAN PENTING BANGET

Sering unggah konten visual. Penelitian membuktikan bahwa re-tweet gambar atau video memiliki jumlah likes dan mengundang 150% penonton lebih banyak daripada yang hanya berbentuk tulisan,lho. Hal yang sama dilakukan oleh Facebook. Mereka menemukan sebuah fakta bahwasannya postingan dengan gambar atau video memiliki 2,3 juta likes yang lebih banyak. Dari sini udah jelas, kan. Lagipula, kalo dipikir pake logika. Lebih suka baca komik atau buku sejarah, nih. Hayoo ngaku..

 

LANGKAH KEDUA WAJIB NIH

Ternyata, ngga Cuma kita kan yang jago bikin konten. Customer kita mungkin banget lebih jago dan pro daripada kita. Nah, oleh karena itu penerapan metode User Generate Content juga menunjukan bahwasannya kita peduli terhadap mereka dan ikut serta mendukung tindakan mereka selama hal tersebut adalah hal yang positif,

Banyak perusahaan yang telah menerapkan strategi ini dan hasilnya mereka berhasil menggaet lebih banyak orang untuk mengikuti dan terikat dengan mereka.

 

LANGKAH KETIGA BIKIN RAME

Agar semakin banyak yang klik username kita di Instagram, kita bisa  banget sering adain live streams, podcast atau bahkan talkshow yang membahas seputar produk kita. Boleh banget membahas isu atau topik yang sedang naik daun untuk menggaet antusias konsumen. Tapi jangan lupa, tambahkan bumbu promosi disela sela acara yaa hehe.

Selain itu, kita juga bisa sharing bebagai tips atau pengetahuan lainnya. Misalnya, tips cara cerahkan kulit, jika kalian pengusaha skin care bisa juga tips rawat mesin motor agat tidak mudah rusak bagi kalian para penggemar otomotif. Semuanya mungkin dan sangat efektif. Dengan menciptakan komunikasi secara intensif dan langsung terhadap customer akan membantu bisnis kita untuk tetap berjalan.

 

LANGKAH KEEMPAT HARUS SEMPAT!

Memang harus sabar dan telaten,yaa seperti merawat ikan hias, hihi. Selalu update testimoni dan sempatkan untuk mengadakan kontes dalam periode tertentu. Misalnya kontes bulanan atau mingguan yang melibatkan banyak orang. Atau bahkan pemberian hadian atau give away dengan persyaratam tertentu sehingga membuat arus kunjungan tokomu semakin meningkat.

Testimoni membuat para calon customer akan yakin untuk mengonsumsi barang ataupun jasa yang kalian tawarkan. Testimoni juga dapat dijadikan sebagai indikator penilaian bagi para pelanggan apabila mereka hendak mengambil keputusan. Sedangkan pemberian hadiah atau pengadaan kontes membuat kehadiran kalian begitu diharapkan dan dinanti, hal ini bisa saja mendatangkan feedback yang cukup bagus dari para customer. Kalian akan dengan mudah mendapatkan peliputan atau exposure secara gratis atau Cuma-Cuma hanya dengan mengadakan give away.

Nah beberapa hal diatas merupakan saran dan tips bagi rekan rekan yang hendak meramaikan akun bisnis di sosial media. Perkembangan zaman membawa kita pada berbagai bentuk dan pola digitalisasi. Sudah sewajarnya kita mengikuti perkembangan zaman dan memanfaatkan segala sumber daya yang ada untuk memenuhi kepentingan.

 

Have a great day !