Bagaimana Memanfaatkan Blockcahain Meta Universe

Kalau kita penikmat kartun sword art online atau sering membaca light novel dan manhwa sebenarnya kita sudah tidak asing lagi dengan yang namanya meta universe dimana di masa depan mereka akan memasuki game menggunakan Virtual Reality dan mencoba mengubah peruntungan hidup dengan bermain game entah dengan cara joki level, menambang, membuat item atau farming demi menghidupi keharian mereka.

Pembukaan diatas sedikit yang dibayangkan oleh mark zukenberg di masa depan nanti. Hal ini sudah tercermin dari beberapa game yang sudah memiliki konsep awal kehidupan seperti minecraf, fortnite, roblox dan banyak game sejenis yang sudah menerapkan satu karater hidup di beberapa dunia. Walaupun belum secara terbuka orang-orang mencari penghidupan di metaverse tahap awal yang masih menggunakan komputer ataupun smartphone tapi sudah banyak orang yang mencari uang di game dengan cara jasa leveling atau jual item dan gold.

Secara bertahap sendiri metaverse akan berevolusi mengikuti perkembangan yang ada. Seperti yang telah beredar di dunia maya Facebook sebagai pionir pertama yang menggembor-gemborkan meta verse sudah berinverstasi sebesar 50 juta usd untuk pengembangan hal ini. Dimana investasi ini meliputi pepmbuatan VR yang bisa dijangkau setiap kalangan, pembuatan dunia metaverse dan banyak hal yang dikembangakan sehingga di masa depan orang-orang akan berpindah mencari mata pencarian disini.

Hal ini akan mendapatkan banyak tantangan dari banyak penguasa dunia digital kedepannya seperti Apple, Microsoft dan yang lainnya. Walaupun yang baru terlihat terang-terangan akan menyaingi facebook adalah EPIC games dan Riot Games yang sudah memiliki konsep awal meta universe mereka sendiri seperti GTA 5 dan Cyberpuk dimana hal ini akan bisa dikembangan menjadi metaverse bahkan bisa saja toko-toko yang dimiliki komputer yang ada di GTA 5 suatu saat akan menjadi mata pencarian orang-orang mendapatkan uang.

Jika kita sudah melihat sword art online nantinya para penguasa dunia digital juga akan memiliki meta universe sendiri, tetapi karena mereka akan selalu berkesinambungan mereka akan selalu terhubung dengan blok hain yang mereka buat sendiri sehingga mereka akan bisa tetap berinteraksi atau bahkan transaksi sehingga perputaran uang digital hanya berputar disitu-situ saja.

Walaupun terdengar sadis memang seperti itu adanya perputaran uang di dunia digital akan memperkaya orang yang membuatnya dan membuat pasarnya sendiri. Dan kita sebagai “Follower” hanya bisa memanfaatkan moment ini sehingga bisa mendapatkan untung dari metaverse yang mereka buat.