Point-point yang Harus Diperhatikan Dalam Permbaruan Google Ranking Alogaritma

Pada bulan Agustus 2021 Google kembali memperbarui Alogaritma untuk pencarian mereka yang menyebabkan banyak website, blog dan Marketplace posisinya berubah bahkan hilang dari pencarian google.

Beberapa hal di perbarui google di bulan Agustus 2021 khususnya dalam kualitas konten dan kecepatan website dalam menentukan ranking google dan berikut ini beberapa hal yang harus di perhatikan ditengah pembaruan google performance skor alogaritma :

Largest Contenful Paint (LCP)

Sekarang Google lebih mengutamakan kecepatan dan detail-detail penting pada website anda, namun jika kecepatan website anda lambat maka anda akan web anda pasti akan terbuang dari pencarian google. Standard minimun dari google untuk konten website terbuka adalah 2,5 detik penilaian Core Situs Vitals. Peforma kecepatan dan detail konten dari website anda berpengaruh sekitar 25 persen dari penilian Google Ranking Alogaritma.

First Input Detail (FID)

Respon dan loading website ketika user mengklik konten Anda akan sangat berpengaruh dalam penilaian Google Ranking Alogartima untuk mendapatkan skor yang bagus sebuah website harus memiiki kecepatan 0,0001 Detik setelah user mengklik konten website kita. Respon website kita berpengaruh 25 % persen dalam Google Ranking Alogaritma

Cumulatif Lay Out Shift

Kestabilan konten-konten di website anda juga sangat berpengaruh dalam Google Ranking Alogaritma. Jika kita berada di home mulus tetapi jika kita masuk di konten-konten lain kecepatannya berkurang bahkan crash, hal ini jelas sangat berpengaruh bagi Website anda. 

Tampilan Iklan Yang Tidak Menggangu

Google sadar iklan memang di butuhkan untuk menghidupi beberapa website oleh karenanya di Agustus 2021 Google memberikan beberapa aturan soal iklan di konten dan yang paling menjadi concern utama google adalah tampilan iklan yang tidak menganggu user ketika sedang melihat konten. Jika ada pop-up yang tiba-tiba muncul, tampilan iklan yang tidak rapi dan iklan mengganggu user ketika sedang memilih konten akan memperburuk nilai anda di Google Ranking Alogaritma

Mobile View

Dikarenakan internet sekarang bisa di akses dimana-mana bahkan bisa dari perangkat seluler Anda. Website yang lebih ramah kepada pengguna mobile dan memiliki mobile View akan memiliki nilai lebih di Google Alogaritma Ranking Mereka.

Selain beberapa hal diatas ada beberapa point yang juga menjadi fokus dari Google Alogaritma Ranking seperti : Memliki HTTPS, memiliki perlindungan pencarian user, kualitas konten, isi konten dan urgensi google dalam menentukan ranking itu sendiri.


Read More

Apa itu SEM (Search Engine Marketing) serta Manfaatnya

SEM singkatan dari Search Engine Marketing yang mana merupakan strategi digital marketing untuk menempati halaman pertama google dengan keyword tertentu dengan cara berbayar. Jadi kita menggunakan platform iklan google ads berbayar agar website kita bisa muncul di halaman pertama google dengan cepat.

Ada banyak sekali metode yang dapat di gunakan dalam pemasaran suatu produk atau jasa. Di dalam dunia internet marketing pasti anda sudah tidak aing lagi dengan istilah SEO (Search Engine Optimization). Metode ini bertujuan untuk melakukan optimasi terhadap website supaya mendapatkan peringkat tertinggi di hasil pencarian. Tapi sebenarnya ada satu metode lagi yang juga tidak kalah efektif, yaitu SEM (Search Engine Marketing).

Di kalangan internet marketer istilah SEM atau Search Engine Marketing sudah sangat familiar di dengar. Karena memang metode SEM sendiri masik cukup berkaitan dengan metode SEO. Lalu apa itu SEM dan apa saja manfaatnya untuk bisnis? Semua itu akan kita bahas secara lebih lengkap dalam artikel kali ini.

Pengertian SEM (Search Engine Marketing)
Pengertian SEM (Search Engine Marketing) adalah sebuah metode di mana anda dapat mengiklankan website di mesin pencari. Perlu anda tahu kalau di pencarian ada dua hasil yang akan anda temukan yaitu hasil organik dan hasil dari iklan. Iklan yang muncul di hasil pencarian inilah yang di sebut dengan Search Engine Marketing.

Hampir semua mesin pencari saat ini sudah memiliki fitur SEM mulai dari Google sampai Bing. Namun yang paling banyak di gunakan orang adalah Goggle. Alasannya adalah karena Google hampir menguasai 90% pangsa pasar. Sehingga peluang untuk mendapatkan banyak traffic dari iklan di Google sangatlah besar.

Sesuai dengan definisi di atas jika SEM adalah sebuah metode untuk mengiklankan website. Sehingga anda harus mengeluarkan sejumlah biaya untuk beriklan. Kebanyakan mesin pencari seperti Google menggunakan sistem Pay Per Click (PPC). Di mana anda hanya akan di minta untuk membayar jika ada orang yang mengklik iklan anda.

Apa Saja Manfaat SEM untuk Bisnis Anda?
Dari penjelasan di atas mungkin anda pasti sudah tahu pengertian SEM. Namun apakah anda sudah mengetahui apa saja manfaat dari SEM (Search Engine Marketing) untuk perkembangan bisnis anda? Layaknya sebuah metode pemasaran tentu tujuan utama dari SEM adalah untuk mempromosikan sebuah bisnis.

1. Pencapaian Target
Dengan menggunakan SEM maka pencapaian anda bisa lebih tertarget. Dengan menggunakan SEM anda juga akan mendapatkan pemasaran yang jauh lebih spesifik dan relevan dengan website atau produk yang ingin anda tawarkan. Hal itu juga akan berdampak pada peningkatan traffic ke website anda dan sudah pasti keuntungan yang di dapatkan juga akan semakin besar.

2. Dapat Menjangkau Lebih Banyak Pelanggan
Di dalam sebuah bisnis tentu saja keberadaan pelanggan menjadi hal yang sangat penting. Tidak hanya pelanggan yang berada di sekitar anda saja, melainkan juga pelanggan yang berada di lokasi atau tempat lain tentu akan memberikan peluang yang jauh lebih besar dalam meningkatkan pemasaran website atau produk anda. Dengan menggunakan SEM anda dapat menjangkau lebih banyak pelanggan dari seluruh dunia.

3. Kontrol Menyeluruh
Dengan menggunakan SEM sebagai sarana untuk mempromosikan bisnis atau produk, membuat anda memiliki keleluasaan dalam mengontrolnya. Mulai dari segi biaya, timeline hingga hasil yang ingin di dapatkan. Kontrol ini juga meliputi pemilihan kata kunci, jenis iklan bahkan demografi yang sesuai dengan website atau produk yang akan di promosikan.

4. Percakapan & Konversi yang Meningkat
SEM menargetkan pemasaran yang relevan dan sesuai dengan website atau produk yang ingin di promosikan. Hal ini tentu akan berdampak pada peningkatan konversi terhadap search marketing. SEM menggunakan iklan berupa link yang jika di klik akan langsung mengarah ke situs website produk yang di promosikan.

Tentu saja ini akan mengeluarkan biaya untuk membayar setiap klik iklan yang di dapatkan. Meski begitu, sampai saat ini Search Engine Marketing (SEM) masih menjadi sarana promosi iklan berbayar yang paling banyak di gunakan orang. Alasannya karena anda akan mengeluarkan lebih sedikit biaya ketimbang menggunakan sarana promosi iklan berbayar lainnya.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian SEM (Search Engine Marketing) beserta manfaatnya untuk perkembangan bisnis anda. Meskipun terdengar mudah namun di butuhkan cukup pengalaman agar mendapatkan hasil yang maksimal. Jika anda masih cukup awam dengan metode SEM ini, anda juga dapat menggunakan jasa digital marketing yang sudah cukup banyak bermunculan di internet.


Read More

Jangan asal melakukan promosi agar tidak bangkrut!

Di zaman digital tepatnya zaman 4.0 kita harus selalu mengikuti perkembangan pasar yang pesat sekali meningkatnya jika tidak kita akan kalah dari pesaing-pesaing kita yang lain karena tidak bisa beradaptasi dengan zaman dan teknologi yang baru.

Di zaman digital ini penggunaan sosial media sebagai sarana promosi sudah tidak asing lagi, bahkan jika kita tidak melakukannya kita akan terus tertinggal oleh pasar dan tidak akan mendapatkan keuntungan yang maximal.

Penggunaan promosi di media sosial juga ada beberapa cara dari hanya promosi promo dan tempat melalui konten, penggunaan endorsment sebagai sarana promosi, menggunakan google buisness sebagai sarana mencari tempat dan bahkan menggunakan seo agar mudah di cari dalam pemcarian search engine.

Apapun hal itu kita harus melakukannya secara efektif sesuai budget dan target pasar kita. Karena jika kita tidak merencakan strategi pemosi kita dengan jelas dan runtut bukannya kita mendapatkan hasil yang maksimal malah kita akan rugi karena terus mengeluarkan cost untuk melakukab promosi-promosi di sosial media.

Pentingnya digital agency disini agar bisa merencakan apa iklan yang cocok untuk usahamu sesuai dengan budgetmu, bagaimana kita beriklan dan konten-konten apa yang membentuk citr produkmu, Disisi lain digital agency juga jelas tahu keyword-keywords yang pas agar usahamu bisa dengan mudah di cari orang di mesin pencarian maupun di Marketplace-marketplace kesayangan kamu.


Read More