3 Meta Universe Yang Ada Sekarang

Sekarang sudah dimulai perpindahan semua yang berqda di dunia nyata ke dunia digital, kita sekarang menyebutnya sebagai metaverse yang di prakarsai oleh Mark Zuckerberg yang memiliki visi di masa depan semua transaksi bahkan kehidupan orang-orang di bumi akan beralih ke dunia digital. Di tahun 2021 ini sudah ada beberapa metauniverse besar yang membuat orang bisa menjalani “kehidupan kedua” disana seperti melakukan praktek jual-beli, membuat karya dan bahkan bermain game. Mungkin agan dan sista tertarik apa saja meta universe yang sudah tersedia yuk simak tulisan ini.

Decentraland (MANA)

MANA mungkin blockchain meta meta universe pertama yang kita ketahui bisa hampir melakukan segalanya seperti yang ada di dunia nyata contohnya : interaksi sosial, jual beli lahan, menjual karya nft dan masih banyak lagi.

Bahkan untuk berancang-ancang ekonomi berpindah ke meta universe beberapa lahan strategis di Decentraland (MANA) sudah dimliki platform-platform besar seperti facebook, atari, epic games. Selain itu banyak publik figur internasional yang mulai mencoba peruntungannya di Decentraland (MANA) ini lho.

Sandbox

Mungkin ini yang paling tenar diantara ketiga meta universe yang ada dikarenakan publik figur seperti snopdog, Deadmau5 dan masih banyak publik figur yang dikenal secara Internasional memproklamirkan diri juga ikut “bermain” di dalam sandbox

Berbeda dengan MANA yang lahan-lahan sudah hampir tidak ada yang kosong kecuali mereka membuka peta/block chain baru. Lahan disandbox sendiri masih banyak yang kosong. Sehingga membuat pertumbuhan dari sandbox sendiri tidak terbatas karena memiliki potensi pengembangan yang tidak terhingga.

Jedstar Deco (KRED) 

Berbeda dengan dua pendahulunya yang lebih fokus kepada NFT dan kripto serta transaksi kepemilikan karya Jedstar Deco (KRED) lebih berfokus pengembangan gamers agar bisa mencari pundi-pundi coin di meta universe yang mereka buat.

Token KRED dipakai di dalam permainan kartu kolektibel dan game multiplayer daring serta marketplace NFT. KRED direncanakan dapat dibeli dengan mudah melalui jalur pembayaran tradisional yang dipakai sehari-hari.

Jika dilihat dari potensi pengembangan dan kolaborasinya Jedstar Deco (Kred) bisa saja suatau saat berkolaborasi dengan game-game besar seperti GTA 5, CyberPunk atau bahkan minecraf dengan membuat dunia sendiri. Kenapa saya optimis karena selain pasar gamer yang cenderung besar Kred juga sudah mulai berkolaborasi dengan Frag Gamed dan Lunk yang membuat potensi merambah ke game semakin nyata.

 

Deus code studio sebegai salah satu digital agency terbesar di Indonesia juga harus mengikuti perkembangan zaman, dimana sekarang sudah berkembang kearah meta universe kita juga harus terus bergerak mengikuti perkembangan zaman ini. apalagi jika kita melakukan sosial media management kita harus selalu mengikuti trend-trend terkini dunia digital sehingga mudah mencari keywords SEO management yang bisa menarik trafic sehingga digital marketing anda semakin mudah